Contoh Pelaporan SPT Tahunan Badan 2015

Bagi anda yang mempunyai usaha berbentuk badan hukum yang berupa CV, PT,  Yayasan dll maka di akhir bulan april 2015 ini sudah harus menyampaikan SPT Tahunan badan tahun pajak 2014, pada kesempatan kali ini pajakitumudah.com akan mencoba memberikan contoh pengisian dan pelaporan spt tahunan badan tahun 2015 ini.

contoh yang kami sajikan ini adalah contoh dalam bentuk yang sederhana, kita mulai ya :

CV Adem Ayem adalah wajib pajak yang yang sudah beroperasi komersial sejak tahun 2011, omzet pada tahun pajak sebelumnya yaitu tahun 2013 omzetnya dibawah 4.8 milyar, sehingga pada tahun pajak 2014 CV Adem Ayem ini menggunakan PP no 46 tahun 2013 sebagai dasar untuk menghitung pajak penghasilannya yaitu membayar pajak penghasilan setiap bulan yang bersifat final sebesar 1 % dari omzet setiap bulan.

Bahan yang wajib di siapkan untuk pelaporan spt tahunan badan adalah laporan keuangan ( lap rugi laba dan neraca ) dan penyusutan.

laporan laba rugi cv adem ayem

lapo9ran laba rugi badanLaporan neraca CV adem ayem

laporan neraca badanlaporan penyusutan fiskal cv adem ayem

laporan penyusutan badanlaporan rincian jumlah penghasilan dan pembayaran pph final pp 46/2013 per masa pajak dari masing-masing tempat usaha.

rincian-peredaran-bruto-badanDengan data data di atas, tolong di bantu cv adem ayem untuk membuat spt tahunan tahun pajak 2014.

Jawab :

Pertama silahkan dowload file excel di akhir tulisan ini, yg berisi formulir spt tahunan badan 1771, kemudian isikan terlebih dahulu daftar peredaran bruto selama tahun 2014 ( wp wajib pp 46 1%), kemudian isikan nilai peredaran bruto dan pajak penghasilan yang telah dibayar tadi ke lampiran 1771 IV.

lampiran-iv-1771

Kedua isikan di lampiran 1771 I dan 1771 II dengan data dari laporan keuangan wp ( neraca dan rugi laba) ,

1771-II

isi juga di lampiran khusus tarnskip 8A-2 perusahaan dagang dan jangan lupa isi juga penyusutan di lampiran khusus 1A.

untuk selengkapnya , silahkan langsung download file excel dibawah ini.

mohon maaf lama gak posting karena banyaknya kesibukan :), bagi yang ada pertanyaan silahkan di tulis di kolom komentar.

Referensi :

Spt tahunan  1771 badan Download

lampiran khusus spt tahunan 1771 badan ( penyusutan dan transkip laporan keuangan ) Download

 

Tags: ,

Related to Contoh Pelaporan SPT Tahunan Badan 2015

141 comments on “Contoh Pelaporan SPT Tahunan Badan 2015

  1. Mau tanya pak…kalau spt badan untuk hitungannya kita setor ke kantor pajak bagaimana yaa…?

  2. Mau tanya pak perusahaan tahun 2013 trus cara menghitung pajak tahunan yg harus di setor ke pajak bgmn hitung hitungannya atau peranannya?

      • kalau untuk yang perusahaan jasa formatnya juga begini ya ?
        saya bingung pas tanya ke kantor pajak, katanya sebelum isi SPT tahunan, harus lampirkan pph21 pph25 dan laporan laba rugi dan neraca. saya lagi mau lapor untuk perusahaan yang tidak aktif alias nihil

        • Pak saya bingung.. saya mau isi format spt badan tp harus berpatokan sama pph 21 dan pph 25. Laporan laba rugi dan neraca. Padahal perusahaan jasa yg saya laporkan ini untuk 2016 belum aktif alias nihil.. Yang ada cuma pengeluaran belanja peralatan kantor.. Mohon petunjuk nya pak??

  3. saya mau tanya

    kalau perusahaan terdaftar 2014, mau lapor pajak tahunan 2015, cara input daftar penghasilan bruto dan pembayaran Pph final berdasarkan PP 46 tahun 2013 per masa pajak pada E-SPT Badan bagaimana ya ?karena infonya harus menggunakan E-SPT…

    mohon bantuannya…

    terimakasih

  4. Bagaimana Cara membuat laba rugi dan neraca Jika CV bergerak dibidang Agen asuransi atau insurance consultant ? Bagaimana pengisian form pajak ?

  5. pak, kalo cv nya baru berdiri tahun 2016 trus laporan nya nihil semua, berarti di neraca nya juga ikutan nihil kan pak?

  6. koreksi tuh pak ..

    PPh Final berdasarkan PP 46 Tahun 2014 ??
    harusnya kan PPh Final berdasarkan PP 46 tahun 2013

  7. selamat sore, mau tanya pak untuk penghitungan pajak awal terhitungnya dari tanggal terdaftar administrasi atau full di kegiatan usaha selama 1 tahun. jika badan terdaftar secara administrasi di pertengahan tahun?

  8. MANTAP PAK…

    SEMOGA BERMANFAAT… SAYA MAU COBA
    SELAMA INI SAYA PAKAI KONSULTAN

    MATUR SUWEN…

  9. mau tanya kalo koperasi yg bergerak di jasa penjualan sawit tu pajaknya dari mana? Dari fee/jasa dari penjualan sawit atau dari hasil pendapatan petani

  10. mau tanya buat mata kuliah…kalu modal awal operasional perusahaan ngeluarin 5jt…cara pembuatan neraca pajak gimana ya???makasih sebelumnya

  11. Selamat siang,
    Mau tanya, kalau mau lapor SPT Tahunan Badan tapi pakai PP 46 caranya bagaimana ya?
    Soalnya kan sudah ga perlu memperhitungkan PPH Pasal 29
    Saya juga dapat info kalau Formulir 1771 sudah tidak perlu diisi, tapi untuk yang pakai E-SPT jika Lampiran 1771 I diisi, maka secara otomatis Formulir 1771 juga terisi.

    Trus cara agar formulir 1771 tetap kosong gimana ya?

  12. Saya baru buat badan hukum ( CV ). Gimana cara pelaporan pajaknya , CV tersebut baru ada 1 bulan dan belum ada kegiatan.
    Mohon informasinya
    tks

  13. Ass..
    Pak saya mau bertanya…selama terdaftar NPWP sebagai usaha perdagangan ikan.saya melaksanakan pencatatan dengan omset dibawah 4,8 M.jadi ditahun 2018 saya ingin merubah dari pencatatan ke pembukuan,jadi untuk spt tahunan 2017 nya itu laporan spt tahunannya apakah masih seperti tahun sebelumnya…???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>