Nomor faktur pajak tidak urut tanggal

Ketika suatu ketika saya memberikan materi tentang mengenal e-faktur, saya mendapat pertanyaan yang awalnya belum mantap untuk menjawab pertanyaan penanya tersebut, dari pada salah menjawab, saya pending sementara jawaban saya sampai menunggu mendapat kemantapan he… :) .

Setelah mencoba bertanya ke beberapa teman, akhirnya mantap mendapatkan jawaban atas pertanyaan penanya tentang no urut faktur yang urut dan contoh kasus penyerahan barang ke bendahara pemerintah selaku pemungut.

Berikut pertanyaan dan jawaban  terkait no faktur pajak yang tidak urut tanggal :

no-faktur-tidak-urutMisal ada Wajib pajak yang sudah PKP mempunyai jatah no faktur 1 s.d 8.
Pada tanggal 1 juli 2015 mengeluarkan no faktur no urut 1 untuk penjualan ke bendahara pemerintah.
Pada tanggal 5 juli 2015 mengeluarkan no faktur no urut 2 untuk penjualan ke pihak swasta (PT XZY).
Karena sudah efaktur, atas permintaan PT XZY faktur no urut 2 minta agar segera diinput di aplikasi efaktur dan di upload agar PT XZY bisa segera menkreditkan di pajak masukan.
Ternyata dari bendahara pemerintah uang baru cair tgl 8 agustus 2015.

Pertanyaannya ?

1. jika no faktur 1 sudah direkam dan di upload dalam efaktur , bagaimana penyelesaianya, padahal no faktur sdh kadung/terlanjur di rekam dan di upload tgl 1 juli sementara uang baru cair tgl 8 agustus ?
2. jika no faktur 1 belum direkam dan diupload , apakah boleh pkp tsb menjadikan no urut faktur dan tgl tidak urut, jadi no faktur 1 tgl faktur 08 agustus 2015 dan no faktur 2 tgl faktur 5 juli 2015

Mohon pencerahan dan dasar hukumnya , mksh

Jawaban :

Terkait pertanyaan mas Adang, perlu saya tegaskan bahwa dalam E-nofa (Elektronik no faktur ) saat ini sesuai dengan PER-24 dan perubahannya, penomoran tidak harus urut, jadi boleh saja nomor faktur 1 tgl nya 8 agustus dan nomor faktur 2 tanggalnya 5 juli.
Kemudian terkait transaksi dengan bendahara pemerintah, saat pembuatan FP mengacu pada KMK-563 tahun 2003 dimana FP wajib dibuat pada saat PKP rekanan mengajukan tagihan kepada bendahara pemerintah. Kemudian dalam hal:
1. FP telah diterbitkan (1 juli) namun pembayaran terjadi pada tgl 8 agustus maka FP tersebut tetap dilaporkan pada masa pembuatannya yaitu juli tidak bergantung pada apakah bendahara telah membayar, memungut dan menyetor PPNnya
2. FP telah diterbitkan 1 Juli dan pembayaran 8 Agustus , dalam hal FP akan diubah tgl penerbitannya sesuai dengan tgl penagihan kepada bendahara maka atas FP tersebut harus dilakukan pembatalan dan membuat berita acara pembatalan FP beserta alasan pembatalannya. FP dibatalkan karena kondisi sebenarnya pada tanggal 1 Juli belum ada kewajiban membuat FP karena belum mengajukan tagihan.
NB. telah diterbitkan = upload di eFaktur
Mudah-mudahan dapat  menjawab pertanyaan mas Adang, terimakasih
Begitu jawaban dari teman sy, semoga bermanfaat.
Referensi :
1. Per 24/pj/2012 Download
2. Lampiran per 24/pj/2012 Download
3. KMK NOMOR 563/KMK.03/2003 Download
Tags:

Related to Nomor faktur pajak tidak urut tanggal

7 comments on “Nomor faktur pajak tidak urut tanggal

  1. Mohon maaf Pak untuk Dasar Hukum yang menyatakan Nomor Urut Faktur Pajak tidak perlu urut sesuai dengan tanggalnya ada di PER-24 Tahun 2012 pada pasal berapa ya Pak ?

    Terima Kasih

    • FAQ efaktur no 39. Apakah Nomor Seri Faktur
      diperkenankan tidak urut ?
      Jawab :
      Penggunaan Nomor Seri Faktur Pajak tidak harus berurutan. Namun
      demikian, PKP wajib menyampaikan pemberitahuan ke KPP atas Nomor
      Seri Faktur Pajak yang tidak digunakan dalam satu tahun pajak

      referensi
      PER-24/PJ/2012 dan
      perubahannya

  2. Dear bapak, mohon informasinya,
    Bagaimana penyelesaiannya apabila
    1. Ada transaksi yang dilakukan pada 3 Desember 2015, tapi tidak sempat terekam oleh efaktur. Sedangkan nomor seri faktur terakhir untuk 2015 sudah terlanjur dihapus tetapi belum sempat dikembalikan ke KPP.
    2. Sebelum direkam ke efaktur biasanya kami buatkan yg manual dulu, Karena berbagai hal kami lalai untuk merekamnya ke e-faktur. Namun transaksi sudah selesai dan pembayaran juga sudah cair pada bulan Desember.
    3. Nah, kami coba rekam nomor seri untuk faktur yang belum terekam tadi pada 21 Januari 2016 ini. Tetapi transaksi efaktur tetap menggunakan tanggal 3 Desember 2015.
    Saya khawatir akan terjadi eror, karena tanggal transaksi lebih awal dari tanggal rekam nomor seri faktur.
    Bagaimana ya pak? Apakah ada solusi?

  3. Dear Bapak

    Mohon infonya Pak.. saya sudah sampai tahap bisa print efaktur dan tampilan dibawah nama tempat dan tanggal adalah : hanny dan saya mengganti nama hanny dengan nama toko : segar.. saya ubah user namenya, setelah ganti, reset aplikasi dan sekarang hasil rekam efaktur saya gak tampil lagi Pak.. bagaimana cara mengembalikan hasil rekam data saya.. mohon pecerahannya.. terimakasih.

  4. Siang pak/ibu, saya ada kendala dalam mengerjakan pajak. mengenai faktur pajak keluaran, di bulan agustus ini saya rekam faktur,tetapi tanggal tidak berurutan.Contohnya:
    1. no seri 000.000-00.12345678 transaksi tanggal 2 agustus sejumlah 10.000.000
    2. no seri 000.000-00.12345679 transaksi tanggal 1 agustus sejumlah 5.000.000
    3. no seri 000.000-00.12345680 transaksi tanggal 2 agustus sejumlah 11.0000.000.

    Semua transaksi itu udah saya rekam dan uploader, pertanyaan saya. Apabila tanggal transaksi tidak berurutan seperti yang saya alami, itu tidak akan ada kendala/masalah dikemudian hari.

    Mohon penjelasannya?? Terima Kasih

    • gak masalah bu.
      sejak berlakunya elektronik no faktur ( e-nofa) maka no faktur tdk harus urut sesuai tanggal sepanjang itu memang jatah no faktur nya

  5. Dear Bpk/Ibu

    Mohon bantuannya, saya masih awam sekali tentang perpajakan. saya mau tanya , setiap membuat faktur pajak keluaran, saya isi nomor referensi dengan nomor invoice. jika no invoice tidak berurutan apakah menjadi masalah?

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>