Pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi yang menggunakan Pembukuan

Pada postingan beberapa waktu lalu, pajakitumudah.com sudah membuat contoh pengisian spt tahunan orang pribadi tahun pajak 2014 baik sebagai pekerjaan bebas atau Wajib pajak yang dikenakan 1% (PP 46 ). Pada artikel kali ini kita akan membuat spt tahunan op bagi wajib pajak yang menjalankan pembukuan, sebenarnya letak perbedaan dengan yang tidak menjalankan pembukuan hanya pada pengisian lampiran 1 ( Form 1770 – I ).

Contoh soal sebagai berikut :
Tuan Fulan ( UD. Dagang Jaya ) mempunyai usaha dagang sepatu, karena omzet tahun 2013 masih dibawah 4.8 milyar, maka selama tahun 2014 tuan fulan memenuhi kewajiban pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 PPh final atas jumlah penghasilan bruto tertentu yaitu 1 % dari omzet  (PP 46 tahun 2013), dalam pencatatan transaksi bisnisnya Tuan Fulan memilih menggunakan metode pembukuan dengan data sebagai berikut :

UD DAGANG JAYA
laporan Laba Rugi
Per 31 Desember 2014
Penjualan :     195.300.000
Harga Pokok Penjualan :    100.000.000
Laba Kotor :      95.300.000
Biaya Usaha :      30.000.000
Laba Bersih :      65.300.000

dengan data harta sebagai berikut :

JENIS HARTA THN PEROLEHAN HARGA PEROLEHAN
SEPEDA MOTOR 2010 15.000.000
SEPEDA MOTOR 2012 16.000.000
RUMAH 2010 226.560.000

Cara pengisian spt tahunan orang pribadi dengan pembukuan

Mari kita bantu tuan fulan untuk mengisi spt tahunan 1770 nya , caranya sebagai berikut,
Pertama donwload file excel yang berisi spt tahunan 1770 , dalam file ini sudah sy modifikasi biar lebih mudah mengisinya, buka sheet isian, isikan TAHUN PAJAK, NPWP, NAMA, USAHA, KLU, TGL PEMBUATAN, ALAMAT nanti otomatis semua sheet / data induk dan lampiran sudah terisi data data dari sheet isian ini.

pengisian-spt-tahunan-op-pekerjaan-bebas-isianBuka lampiran I , disini ada dua cara penyelesaian, anda bisa pilih salah satu dan menurut saya semuanya benar ( kalau anda masih ragu sebaiknya konsultasikan dengan AR anda, memakai cara 1 atau cara 2 ).

Cara 1

LAMPIRAN1770-1-CARA1Cara 1 diatas dilakukan dengan melakukan koreksi fiskal negatif pada penghasilan sebesar penghasilan netto

Cara 2

LAMPIRAN1770-1-CARA2Cara 2 diatas dilakukan dengan melakukan koreksi fiskal positif BIAYA  dan koreksi fiskal negatif pada PENGHASILAN , selengkapnya silahkan lihat gambar diatas

selanjutnya kita isi lampiran di sheet Daftar Pembayaran PP 46-2013, di sheet tersebut kita isikan omzet dan pph pasal 4 ayat 2 sebesar 1 % yang sudah kita bayar tiap bulan.

pengisian-spt-tahunan-op-daftarpembayaranomzet nah setelah itu ketemu total omzet dan besarnya pph final 4 ayat 2 tersebut , nilainya silahkan pindahkan ke lampiran III bagian A no 16 ″PENGHASILAN LAIN YANG DIKENAKAN PAJAK FINAL DAN/ATAU BERSIFAT FINAL ”  seperti terlihat di bawah ini.

pengisian-spt-tahunan-op-lamp3ok …selanjutnya silahakn buka lamp 4 dan isikan harta di situ, jangan lupa mulai tahun pajak 2014 ini ada pengisian kode untuk jenis jenis harta, anda bisa melihat kode kode tersebut pada petunjuk pengisian spt atau anda bisa lihat di artikel saya sebelumnya di sini

pengisian-spt-tahunan-op-hartaReferensi :

Download file excel spt tahunan pembukuan Download

Tags: ,

Related to Pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi yang menggunakan Pembukuan

13 comments on “Pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi yang menggunakan Pembukuan

  1. Bang_Je yang saya hormati.. mau nanya nih.. apakah dalam pelaporan spt tahunan yang menyelenggarakan pembukuan tetap wajib melampirkan Laporan Laba Rugi, Neraca dan Laporan penyusutan aktiva

  2. Assalammualaikum, saya sedang menyusun laporan SPT tahun wp badan punya Pak Lek (Om) pph final setiap bulan dibayar selama 11 bulan, tapi ada 1 bulan yg setornya memakai kode PPN bagaimana saya harus melaporkannya?

    Mohon jawabannya secepatnya ^_^

    Wassalammualaikum, wr wb.

    • Harus dilakukan pmindahbukuan dl pak,ajukan ke kpp,surat keputusan pemindahbukuan maksinal 1 bln selesai, Krn waktu pelaporan sdh mempet cb konsultasikan dengan ar di kpp.

  3. bang sy usahawan yg melakukan pencatatan bkn pembukuan, bagaimana memasukkan penghasilan bruto & pph final di form 1770?smua lampiran sdh diisi seperti contoh diatas

  4. Hallo Bang Je,

    Mau nanya nih, saya pertama kali bikin laporan pajak sebagai pemilik CV
    kata petugas pajaknya harus menyertakan laporan rugi laba dan bruto pajak 1% dari omset
    tapi di tulisan ban je sebelumnya, pada kolom coment tentang pemilik CV, pengisiannya cuma yang di prive saja, trus gimana ya bang? apa tetap pengisian formulirnya seperti yang bang je contohkan? atau tanpa penyertaan laporan bruto ?
    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>