Contoh Pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi 2015

Untuk kesempatan kali ini, pajakitumudah.com akan mencoba melakukan pengisian spt tahunan orang pribadi usahawan, untuk kali ini pengisian SPT 1770 untuk wajib pajak yang wajib kena aturan PP 46 tahun 2013 yaitu pajak penghasilannya dihitung 1% dari omzet.

contoh kasus :
Tuan Fulan mempunyai usaha dagang sepatu, karena omzet tahun 2013 masih dibawah 4.8 milyar, maka selama tahun 2014 tuan fulan memenuhi kewajiban pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 PPh final atas jumlah penghasilan bruto tertentu (PP 46 tahun 2013), berikut daftar omzet selama setahun.

 

Bulan Jumlah Omzet
Januari 2014 :                                17.800.000
Februari 2014 :                                13.900.000
Maret 2014 :                                14.100.000
April 2014 :                                16.000.000
Mei 2014 :                                18.000.000
Juni 2014 :                                20.000.000
Juli 2014 :                                20.000.000
Agustus 2014 :                                17.000.000
September 2014 :                                14.500.000
Oktober 2014 :                                13.500.000
November 2014 :                                14.500.000
Desember 2014 :                                16.000.000

dengan data harta sebagai berikut :

JENIS HARTA THN PEROLEHAN HARGA PEROLEHAN
SEPEDA MOTOR 2010 15.000.000
SEPEDA MOTOR 2012 16.000.000
RUMAH 2010 226.560.000

Cara pengisian spt tahunan orang pribadi usahawan

Mari kita bantu tuan fulan untuk mengisi spt tahunan 1770 nya , caranya sebagai berikut,
Pertama donwload file excel yang berisi spt tahunan 1770 , dalam file ini sudah sy modifikasi biar lebih mudah mengisinya, buka sheet isian, isikan TAHUN PAJAK, NPWP, NAMA, USAHA, KLU, TGL PEMBUATAN, ALAMAT nanti otomatis semua sheet / data induk dan lampiran sudah terisi data data dari sheet isian ini.

pengisian-spt-tahunan-op-sheet isian
kedua kita isi lampiran di sheet Daftar Pembayaran PP 46-2013, di sheet tersebut kita isikan omzet dan pph pasal 4 ayat 2 sebesar 1 % yang sudah kita bayar tiap bulan.

pengisian-spt-tahunan-op-daftarpembayaranomzet

ketiga setelah ketemu total omzet dan besarnya pph final 4 ayat 2 tersebut , nilainya kita pindahkan ke lampiran III bagian A no 16″PENGHASILAN LAIN YANG DIKENAKAN PAJAK FINAL DAN/ATAU BERSIFAT FINAL ”  seperti nampak dalam gambar dibawah ini.pengisian-spt-tahunan-op-lamp3
keempat buka lamp 4 dan isikan harta di situ, jangan lupa mulai tahun pajak 2014 ini ada pengisian kode untuk jenis jenis harta, anda bisa melihat kode kode tersebut pada petunjuk pengisian spt atau anda bisa lihat kode dibawah ini

KODE HARTA URAIAN SINGKAT
011 Uang tunai Uang tunai
012 Tabungan Tabungan
013 Giro Giro
014 Deposito Deposito
019 Kas lainnya Kas lain
021 Piutang Piutang
022 Piutang kepada pihak yang mempunyai hubungan istimewa Piutang istimewa
029 Piutang lainnya Piutang lain
031 Saham yang dibeli untuk dijual kembali Saham dagang
032 Saham Saham
033 Obligasi perusahaan Obligasi perusahaan
034 Obligasi pemerintah Indonesia Obligasi pemerintah
035 Surat utang lainnya Surat utang lain
036 Reksadana Reksadana
037 Instrumen derivatif (right, warran, kontrak berjangka, opsi, dll) Derivatif
038 Penyertaan modal dalam perusahaan lain yang tidak atas saham (CV dsb.) Investasi nonsaham
039 Investasi lainnya Investasi lain
041 Sepeda Sepeda
042 Sepeda motor Sepeda Motor
043 Mobil Mobil
049 Alat transportasi lainnya Kendaraan lain
051 Logam mulia (emas, platina, dsb.) Logam mulia
052 Batu mulia (intan, berlian, dsb.) Batu mulia
053 Barang-barang seni dan antik Barang Seni/ Antik
054 Kapal pesiar, pesawat terbang, peralatan olah raga khusus Kapal/Pesawat
055 Peralatan elektronik, furnitur Elektronik/Furnitur
059 Harta bergerak lainnya Harta gerak lain
061 Tanah/bangunan untuk tempat tinggal Tanah/bangunan tempat tinggal
062 Tanah/bangunan untuk tempat usaha Tanah/bangunan tempat usaha
063 Tanah/ lahan untuk usaha Tanah/lahan usaha
069 Harta tidak bergerak lainnya harta tak gerak lain

pengisian-spt-tahunan-op-harta
Untuk 1770 induk sepanjang tidak ada penghasilan lain maka isinya nihil, seperti gambar dibawah ini.

pengisian-spt-tahunan-op-indukbagaimana kawan, cukup mudah bukan, jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di komentar dibawah ini.

Referensi  :

1. file excel spt tahunan op sebagaimana contoh di atas download disini

2. petunjuk pengisian spt tahunan download disini

 

Tags: ,

Related to Contoh Pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi 2015

244 comments on “Contoh Pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi 2015

  1. Salam mas,

    Membantu sekali petunjuknya. Saya mau tanya. Saya usaha berjualan pakaian wanita omzet di bawah 4.8 M setahun. Setiap bulan saya sudah bayar 1% dari omzet bulan tersebut. Apakah saya tetap harus membuat SPT tahunan?

    Terima kasih

    • met siang mas, pengisian spt wp op thn 2014 dengan omzet(Peredaran usaha) yang sangat menyolok ( beda omzetnya hampir 500 %) dengan pengisian spt wp op thn 2015. namun peredaran usaha tetap dibawah 4,8 m, apakah nantinya setelah laporan spt wp tsn dapat surat imbauan, sanksi ataupun pemeriksaan ?, tq

      • banyak variabel muncul surat himbauan, sepanjang memang seperti itu pada kenyataannya ya tidak apa-apa menurut saya.

  2. hi,

    saya mau tanya untuk pelaporan pajak perusahaan yang tidak beraktivitas, apa saja yang harus diisi dan dilaporkan ?

    terima kasih

    • yang wajib disertakan adalah laporan keuangan ( rugi laba dan neraca), dan kemudian mengisi spt tahunan.

  3. pemilik cv juga harus lapor SPT Tahunan OP juga ?
    sedangakan udah lapor SPT Tahunan Badan.
    Kalo iya pake formulir yg mana ?
    thx

    • wajib lapor, Direktur cv yg sekaligus pemilik cv menggunakan 1770 , nanti penghasilannya dari prive Dan termasuk bukan objek pajak.
      Salam

  4. JIka tidak melaporkan SPT tahunan badan yang omsetnya dibawah 4.8M berlaku denda berapa? atau tidak mendapat denda ?

    • Sesuai UU KUP pasal 7 denda keterlambatan lapor spt tahunan badan adalah sebesar 1 juta

      salam :)

        • secara aturannya iya mbak, di uu no 16 tahun 2009 pasal 7, tetapi membayarnya menunggu diterbitkan surat tagihan pajak, jika tidak terbit ya gak usah dibayar.
          seandainya sudah terbit pun bisa dimintakan pengurangan/keberatan atas utang pajak tersebut

          salam :)

          • selama belum kadaluarsa pajak masih bisa diterbitkan STP, kadaluarsa pajak selama 5 tahun.

            salam:)

  5. saat pelaporan SPT MASA PPH PSL 4 AYT 2 kita kan menyertakan SSP

    yang jadi pertanyaan ku pada saat pelaporan SPT TAHUNAN apakah SSP harus disertakan lagi? lampirannya apa saja?

  6. apabila pekerjaan wiraswasta dengan omzet perbulan sekitar 5-10 jt apa tetap lapor SPT Tahunan OP?
    bagaimana dengan PTKPnya, apakah diperhitungkan?

    • Jika harta kita masih hutang.misalnya beli apartment belum ppjb .masih nyicil ke developer apakah sudah wajib dilaporkan?
      Dulu dapt info dari orang yg paham pajak katanya tdk perlu lapor. Makanya saya tdk laporkan. Untuk memperbaikinya bagaimana caranya? Apakah akan kema denda? Maaf saya awam sekali mengenai pajak.tks

  7. Selamat Siang Bang,

    Saya mau tanya berkaitan dengan PP46 tahun 2013.

    Ilustrasi:
    Tahun 2013: omset 4,8milyar, sehingga tahun 2015 mengikuti tarif umum.
    Tahun 2015: mengikuti tarif umum pasal 17, omset turun lagi <4,8milyar

    pertanyaannya, apakah di tahun 2016 mengikuti PP46 lagi ?

    saya baca di juklak nya tidak ada contoh seperti ini, padahal kenyataannya dilapangan banyak pengusaha yang omsetnya menurun drastis karena perlambatan ekonomi.

    terima kasih

    • Maap, ada salah tulis

      Saya mau tanya berkaitan dengan PP46 tahun 2013.

      Ilustrasi:
      Tahun 2013: omset 4,8milyar, sehingga tahun 2014 mengikuti tarif umum.
      Tahun 2014: mengikuti tarif umum pasal 17, tapi omset turun lagi <4,8milyar

      pertanyaannya, apakah di tahun 2015 mengikuti PP46 lagi ?

      saya baca di juklak nya tidak ada contoh seperti ini, padahal kenyataannya dilapangan banyak pengusaha yang omsetnya menurun drastis karena perlambatan ekonomi.

      terima kasih

      • omzet dihitung tiap tahun, untuk thn pajak 2015 dgn melihat omzet tahun 2014, jika omzet tidak melebihi 4,8 milyar maka pakai pp46, jika lebih dari 4,8 m maka di tahun 2015 kita pakai tarif pasal 17

  8. bangje tanya donk, misalkan wp op kita dapat dari kita memiliki industri pengolahan produk makanan.
    apakah saya menggunakan pp 46 pph final 1% atau pph pasal 25?
    karena dari dulu saya membuat pph pasal 25.
    dan penghitungan norma pada penghasilan netto didapatkan darimana?
    karena besaran norma dulu saya 12.5%.
    Terimakasih.

  9. Selamat siang pak, sy mau tanya klu penghitungan pajak usaha yg final 1% dr omzet itu apakah tidak dapat potongan ptkp yg 36.000.000 itu? Mohon pencerahanya… terima kasih.

  10. saya baru memulai usaha,
    kebetulan juga udah buat perusahaan berbentuk cv, seandainya saya sama sekali belum mengambil keuntungan / prive (karena masih sangat untung sedikit dan keuntungan hanya untuk menghidupi biaya perusahaan) apakah spt pribadi dikosongkan saja atau bagaimana?

    terima kasih

  11. Selamat pagi pak, sy sbg karyawan. Tp kntr sy tdk melaporkan pajak karyawan utk sy. Skrg sy mau byr dan lapor pajak sbg karyawan tp sy ga dpt 17701 dr kntr sy. Blh ga pak sy lapor pajak sbg karyawan tp tdk ada 17701?
    Terima kasih

    • Ibu sudaj menanyakan ke pihak kantor/pmberi kerja apakah pajaknya sudaj dipotpng blm?

      Jika blm dan kantor tdk memotong pajak, ibu bisa menghitung sendiri,utl form jennis pajak ibu bisa gunakan 1770 .

      Atas prnghasilam ibu tadi nanti akan dihitung dgn tarif psl 17,

      Pph terutang : tarif x (peng netto – ptkp)

  12. mau nanya mas…apakah cara pengisian SPT 1770s tahun ini sama dgn yg tahun lalu.?..pajak saya yg PP46..final 1%..terima kasih

    • Cara pengisian msh sama dgn thn lalu, btw kl bpk ada usaha dan kena 1% apa gak sebaiknya pakai firmulir 1770

  13. Pak sy mau tanya utk form pajak tahunan pribadi form nya bs di donlot atau harus ambil ke kantor pajak nya lgsg? Thx

  14. Pak saya pekerja bebas/konsultan apakah sebaiknya memakai Norma perhitungan atau memakai usaha dgn omset dibawah 4.8M (saya belum bikin badan usaha karena masih sendiri, bekerja dari rumah dan tidak punya karyawan)?
    Kalau saya baca jika menggunakan norma perhitungan harus menyampaikan pemberitahuan penggunaan norma dari tahun lalu (maks Bln Maret) apa masih bisa kalo telat?

    Mohon sarannya, terima kasih.

  15. pak untuk lapor spt tahunan bisa di kantor pos atau harus di kantor pajak?
    kalo harus di kantor pajak, harus di kantor pajak yg terdaftar di npwp atau bisa di kantor pajak daerah manapun?
    terimakasih

  16. assalamualaikum wr,wb kattu…

    mohon bantuan mas,, saya baru akan membikin NPWP dikarnakan utk memenuhi syarat pengajuan pembiayaan mobil di salah satu bank syariah dan saya harus melaporakn bukti pembayaran SPT tahunan,,

    yg ingin saya tanyakan apakah bisa saya mendapatkan SPT tahunan sedangkan NPWP baru saya bikin,,?
    mohon solusinya

    terima kasih sebelum nya

  17. Mau tanya nih..

    kalau perusahaan saya berbentuk CV dan sudah membayar pajak final 1% dari omset pelaporannya menggunakan form pajak 1771 a/n NPWP CV kan??

    seandainya saya memiliki penghasilan di luar usaha CV maka saya hitung menggunakan pajak final 1% dari penghasilan itu atau menggunakan norma ? sedangkan perusahaan saya sudah kena final 1% ( penghasilan <4,8 M) form yang digunakan 1770 a/n NPWP pribadi ??

    Terima Kasih

  18. pak, kalo UD jasa las kan sama ya seperti laporannya bapak?
    hanya dikenakan 1% saja ya?
    terus untuk laporan tahunannya gimana pak?
    saya lihat di kolom spt 1770 penghasilan pajak 30.375.000 itu dapet penghitungan dari mana ya pak?
    mohon penjelasanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>