Cara menghitung pajak penghasilan

Untuk kali ini mari kita coba hitung pajak penghasilan dari seorang pegawai atau karyawan, dengan contoh soal yang sederhana saja ya.
cara menghitung pph 21
Contoh soal : Andi seorang karyawan tetap dari PT ABC, Andi dengan status menikah dan mempunyai 1 orang anak mendapatkan penghasilan sebesar 3.000.000,. setiap bulan, berapakah PPh pasal 21 yang harus di potong oleh PT ABC atas gaji yang diterima andi?

Penghitungan pasal 21

Dalam penghitungannya kita setahunkan

Penghasilan Bruto =   3.000.000 x 12 = 36.000.000
Dikurangi Biaya Jabatan (5% atau maksimal 6.000.000) = 5% X 36.000.000 = 1.800.000
dikurangi dengan PTKP (K/1) = 28.350.000 ( 24.300.000+2.025.000+2.025.000)

Penghasilan Kena Pajak = 36.000.000 – 1.800.000 – 28.350.000 = 5.850.000

PPh pasal 21 setahun = 5% x 5.850.000 = 292.500
PPh pasal 21 sebulan = 292.500 / 12 = 24.375

cukup mudah bukan, anda bisa mempelajari lebih detail aturan ini di PER-31/PJ/2012 dan lampiranya

Tags:

Related to Cara menghitung pajak penghasilan

68 comments on “Cara menghitung pajak penghasilan

  1. mo nanya ni..gan
    klo penghasilan kita dalam 1th lebih kecil dari PTKP dg K2 (30.375.000)
    gimana ya perhitungan PPh 21nya?
    Thanks

  2. Kalau punya pendapatan setahun 817.000.000, tolong gimana caranya untuk mendapatkan PPH nya.. terima kasih

    • pekerjaan sebagai apa mas ? karyawan ? usaha sendiri ?
      pendapatan itu bersih atau kotor ?

  3. jika berkenan tolong hitungin pph saya
    – saya pegawai swasta dengan gaji kotor perbulan 5.000.000
    – saya sudah menikah dan mempunyai 2 orang anak

    • pajak yang akan di potong oleh perusahaan bapak sbb :
      gaji setahun = 5.000.000 x 12 = 60.000.000
      dikurangi biaya jabatan 5% = 3.000.000
      dikurangi PTKP ( K/2) = 30.375.000
      Penghasilan kena pajak = 26.625.000
      pajak setahun = 5% = 1.331.250
      pajak sebulan :12 = 110.938

      pajak tsb sudah dipotong langusng oleh perusahaan bapak
      salam :)
      salam :)

      • Assalamualaikum….

        Kalo Saya kerja di Luar Negeri dgn penghasilan Rp.17jt per bulan tetep kena pajak apa nggak Mas ? Kalo iya bgmn menghitungnya ? Trmksh.

        Wasalamualaikum…

  4. Saya karyawan sebuah hotel, sy sdh bekerja 1 tahun 2 bln, sblmnya salary sy tdk di potong pajak, dan baru kali ini sy harus bayar Pph, dan saya harus bayar dari 5 bln yg sdh lewat ( ;an – Mei), sy dan teman2 blm punya NPWP, apakah pajak itu harus kami karyawan yg harus bayar walau blm memiliki NPWP atau pihak owner yg harus bayar, mohon penjelasannya, sebelumnya terimakasih

    • untuk mengetahui di poton gpajak atu tidak harus tahu dulu jumlah gaji berapa per bulan mas ? seperti contoh diatas, kalo bujangan tidak ada tanggungan penghasilan setahun dibawah PTKP 24.300.000 maka tidak kena pajak.
      sepanjang sudah diatas batas PTKP, puny atau tidak punya npwp akan di potomg pajak.
      kl punya npwp pajak 5%
      kl tidak punya npwp 6%

      salam :)

  5. Halo bang, kalau boleh bisa tolong hitungkan pph 21 perorangan untuk saya?
    – saya karyawan swasta dengan gaji bersih sebulan 4.75 (thp)
    – saya belum menikah

    terima kasih sebelumnya

  6. Minta bantuin boleh gak mas? Aku gagal mulu ngitungnya hehe
    Penghasilan bersih sebulan 6jt, saya bujangan. Jd pph21nya kena 275rb, bener gak ya?

    • bruto = 6 jt x 12 = 72 jt
      minus biaya jabatan 5% x 75 jt = 3.600.000
      minus PTKP 24.300.000
      pebghasilan kena pajak = 72 jt – 3.6 jt – 24,3 jt = 44.100.000
      pph terutang setahun = 5% x 44.100.000 = 2.205.000
      pph terutang sebulan = 2.205.000 / 12 = 183.750

      salam :)

  7. Bapak/Ibu saya lagi belajar pajak tahunan untuk badan tapi belum juga mengerti mohon panduannya…trimakasih

  8. tolong bantu itungin pajak saya dong mas,. saya karyawan berpenghasilan 4jt/bulan, saya punya 2 org anak dan saya sudah bercerai, brpa yah pajak yg harus saya bayar? tlong dijawab yah, trimkasih

  9. Pak, tolong bantuin punya saya dong
    Saya karyawan swasta, gaji saya tidak tetap perbulannya, rata2 3jt perbulan. Saya masih bujang belum ada tanggungan.
    Tolong bantu ya pak.

  10. saya karyawan swasta status menikah dgn 2 anak.tiap bulan saya menerima upah 2x yaitu setiap awal bulan berupa pembayaran gaji pokok dan pertengahan bulan pembayaran uang trasport & lembur (jika ada) yg saya tanyakan yg kena pph pasal 21 yg mana ? apakah keduanya atau salah satu karena keduanya dikenakan pajak dgn nominal yg berbeda dan biasanya pajak untuk uang transport bisa lebih dari 14% mohon pencerahannya.terima kasih

    • sekilas saya melihat pajak di hitung total dari kedua penghasilan tsb,krn komponen penghasilan bruto juga termasuk uang trasport dan tunjangan lainnya. tapi pada prinsipnya pajak yang telahdi potong ini sebagai krdit pajak ( pengurang pajak di akhir tahun).

  11. Hi Pak,
    Mohon penghitungannya jika :
    1. saya belum menikah
    2. Gapok per bulan 9,8 jt
    3. saya juga mesti menanggung BPJS tenaga kerja 2% dan BPJS kesehatan 0.5 %

    pajak per bulannya jadi berapa yah?

    terima kasih atas penjelasannya.

  12. Halo pak, saya punya usaha jasa parkiran motor. Dalam satu bulannya saya mendapatkan bisa max Rp. 6.912.675,-/bln Mei Juni atau minim Rp. 5.701.500,-/bln Januari 2015; nah saya belajar hitungnya sejak Januari 2015 – Juli 2015. Bisa bantu kasi hitungannya, biar bermanfaat bagi saya, nusa dan bangsa… Salam hormat pak, wassalam.

    • Anda termasuk yang terkena aturan pajak PP 46 tahun 2013 dimana untuk menghitung pajak penghasilan tiap bulan adalah sebesar 1% kali omzet bulan tersebut.

      Salam :)

  13. Bang bisa tolong hitungkan pajak sy..mohon bantuannya sy pegawai swasta anak 3 gaji pokok beserta tunjangan dlm setahun 547.200.000. Menurut perhitungan abang brp pemotongan pajak sy perbulannya?trima kasih banyak bang

  14. minta nantuan hitumgam berapa pph 21 yang harus di potong dengan penghasilan 7.250.000/bulan dengan tanggungan 1 isteri dan 2 anak
    tk sebelumnya

  15. Selamat Sore pak,
    saya mau tanya bagaimana cara menghitung PPh psl 21 tentang kegiatan Ujian Nasional Sekolah,disini tertera kalau Sekolah Negeri dikenakan PPh psl 21 sebesar 15%, bagaimana dengan Sekolah Swasta dikenakan PPh psl 21 sebesar berapa persen y pak. Terima Kasih

  16. apakah tunjangan pensiun juga kena Pph 21 (tunjangan pensiun disetor oleh perusahaan ke asuransi tugu mandiri)

  17. Maaf hanya ingin sharing, bukan kah PTKP per Juli 2015 ada yg baru?
    kalo tidak salah :
    TK 36.000.000
    K/0 39.000.000
    K/1 42.000.000
    K/2 45.000.000
    K/3 48.000.000

  18. selamat siang pak.
    maaf saya mau tanya
    sya searching bukannya Biaya jabatan 5% tapi maksimalnya 500 rb. maskudnya apa ya ?

  19. pak,saya karyawan swasta..tlg kita cocokin hitungan saya bner gk?
    status (k/0)
    total bruto =rp 8.343.621
    pph 21 sebulan = rp 286.634
    tp pajak yg dipotong perusahaan ke saya sebulan = rp 523.244
    apa saya salah hitung?
    terima kasih.

  20. Kalo bekerja/ karyawan di luar negeri pendapatan bruto Rp.22jt, (menikah dan punya anak 3), bgmn cara menghitungnya Mas ? Trmksh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>